Admin PPDB

COMPETITION OF GENPASKAR

6 Sep 2018 paskibra

Assalamualaikum wr wb Hai MANDAFAMS
Nah kali ini mimind dari perwakilan paskibra Garda Brama MAN 2 Batam akan mnceritakan pengalaman kami dalam ajang perlombaan paskibra COG (COMPETITION OF GENPASKAR) di SMK Kartini, Batam 16 AGUSTUS 2018
        Anggota Paskibra GARDABRAMA mengikuti seleksi perlombaan Competition of Genpaskar(COG) yang akan di selenggarakan pada tanggal 1 September 2018 di sekolah SMK Kartini Batam. Pada event kedua ini ada beberapa cabang perlombaaan yang di adakan, yaitu :
1- LVBB
2- Photo on the spot
Acaran ini merupakan tingkat PROVINSI dan tingkat SMP/Mts/SMA/SMK/MA/Sederajat. Untuk tingkat SMP/Mts ada 9 sekolah di Batam yang mengikuti acara tersebut dan tingkat SMA/SMK/MA ada 16 sekolah yang mengikuti acara tersebut salah satunya terdapat perwakilan dari sekolah di Bintan, yaitu SMA N 1 Bintan.
        Pada awalnya Pasukan GARDABRAMA mengirimkan 3 pasukan, namun padasaat technical meating yang di adakan pada tanggal 25 Agustus 2018 , terjadi perdebatan antara sekolah lain dengan pihak panitia yang mengizinkan Pasukan GARDABRAMA mengirimkan 3 pasukan, dengan berathati pihak panitia memberitahukan kepada pihak GARDABRAMA Pasukan 3 di tiadakan.
18 AGUSTUS 2018
        Pasukan yang terpilih mengikuti lomba COG mulai melakukan latihan secara rutin setiap sepulang sekolah. Setiap H-3 perlombaan Pasukan GARDABRAMA mulai melakukan latihan dari pukul 10:00 WIB hingga menjelang matahari terbenam. Hingga pada H-1 perlombaan seluruh pasukan GARDABRAMA yang menjadi pasukan 1 maupun pasukan 2 di wajibkan untuk menginap di sekolah. Selama Pasukan menginap mereka hanya di fokuskan pada perlombaan, latihan hingga pukul 23:00 WIB malam, yang akan di lanjutkan dengan sholat tahajud.
01 SEPTEMBER 2018
        Pasukan GARDABRAMA berangkat dari sekolah menuju SMK Katrini Batam pada pukul 06:30 WIB, menggunakan kendaraan Kery yang telah lama menjadi langganan sekolah MAN 2 Batam. Pasukan GARDABRAMA sampai pada lokasi yang di tuju pada pukul 07:00 WIB , sesampainya pasukan GARDABRAMA di sekolah SMK Kartini Batam di sambut denggan ramah oleh perserta maupun dari pihak panitia acara. Taklama waktu berselang hingga apel pembukaan yang di iringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, di lanjutkan dengan kata sambuta,dan pengambilan nomor Perserta. Pada undian oertama Pasukan 1 mendapat nomor urut 7 dan Pasukan 2 mendapat nomor urut 6. Hal ini membuat Pasukan 2 menjadi kesulitan untuk menggunakan atribut pakaian seperti efolet, namun Pembina paskibra GARDABRAMA berserta Pelatih paskibra GARDABRAMA meminta izin kepada pihak panitia COG untuk menukar nomor urut menggantikan SMA N 1 Bintan yang kebetulan belum hadir di acara tersebut, menjadi nomor urut 16, SMA N 1 Bintan menjadi nomor urut 6, dan pasukan 2 menjadi nomor urut 7. Perlombaan di mulai dari tingkat SMP/Mts/Sederajat hingga pukul 12:00 WIB. Hingga tiba giliran tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat yang di muali dari nomor urut 1 yang terus berlanjut hingga nomor urut 7 dan pasukan 2 harus memasuki daerah persiapa 3 yaitu sesi foto, di lanjutkan memasuki daerah persiapa 2 yaitu pengapsenan pasukan, dan terakhir daerah persiapan 1 dimana pasukan 2 sudah bersiap di pinggir lapangan untuk memasuki lapangan. Waktu terus berjalan hingga pada akhirnya pasukan di perizinkan untuk memasuki lapanggan dan memulai gerakan lomba. Saat pasukan 2 menampilkan gerakan lomba pasukan paskibra dari sekolah lain hingga pihak panitia dan juri terlihat terpukau melihat penampilan dari pasukan 2, namun ada sedikit hal yang membuat pasukan 2 menjadi kurang memukau yaitu ketika salah satu dari pasukan 2 ada yang tidak focus dengan aba-aba danton, namun itu bukanlah alas an bagi kami untuk tidak bisa menang.
        Melihat penampilan pasukan 2 membuat pasuakan 1 semakin semanggat untuk menang. Pasukan 1 berkali-kali mengulang gerakan lomba baik secara pribadi maupun bersama-sama. Di tambah pasukan dari sekolah lawan tampil dengan penampilan yang sebagus dan semenarik mungkin untuk menang, tidak melunturkan semangat pasukan 1. Detik demi detik terus memanas menjelang penampilan pasukan 1 yang merupakan pasukan yang terakhir menampilkan gerakan lomba menjadi penampilan yang paling di tunggu-tunggu oleh pasukan lawan. Detik-detik masuknya pasukan 1 ke dalam arena pertandingan membuat seluruh prnonton dan perserta lainnya terdiam sunyi seolah sedang menunggu hal yang luar biasa, dan benar saja ketika danton berteriak menyerukan aba-aba lomba seketika penonton menjadi riuh bersorak kagum. Semangat yang berkobar tampak tergores dalam setiap raut wajah para perserta pasukan 1. Setiap gerakan yang mereka lakukan penuh dengan rasa semangat . penampilan yang di tunggu sekaligus penampilan terakhir dalam acara COG ini seolah menjadi penampilan puncak dari acara tersebut. Hingga takterasa waktu tealah habis dan pasukan 1pun ttelah selesai menapilkan gerakan lomba.
        Pukul 18:00 WIB mulai memasuki waktu sholst maghrib, seluruh pasukan, Pembina, dan pelatih pergi menunaikan ibadah sholat fardu seraya memanjatkan Doa memohon kemenangan yang terbaik bagi seluruh pasukan GARDABRAMA. Ketika seluruh perserta di minta untuk berkumpul di lapangan untuk mendengarkan pembacaan pemenang lomba COG tersebut membuat jantung seluruh pasukan dari setiap perwakilan sekolah masing-masing menjadi berdegup kencang. Dan Alhamdulillah MAN 2 Batam menjadi juara UMUM dengan membawa pulang piala setinggi 1,8 m setelah memenangkan seluruh perlombaan dengan nomminasi :
- Juara II LVBB
- Juara Harapa III LVBB
- Juara II Foto On The Spot
Pengalaman ini tidak akan kami lupakan setelah menjadi ekstrakulikuler pertama yang membawa piala yang hamper setinggi 2m . kami sebagai anggota paskibra GARDABRAMA akan terus berusaha untuk membawa nama baik MAN 2 Batam hingga ke tingkat nasional.

Kontak

Alamat

Lurusan Jln. Golden Prawn Bengkong Laut. Kota Batam. Kepulauan Riau. Indonesia

Phone : 0778-495723

Email : manduabatam@gmail.com

Link Terkait

Kementrian agama RI
Kementrian agama Kepri
Kementrian agama batam
©2018 Mandawebster